Thursday, March 25, 2010

Pengertian Managemen Keuangan

Managemen adalah kemampuan mempengaruhi orang lain untuk mencapai ktujuan yang telah ditetapkan.

Keuangan (Aktiva dan Financial/Assets) adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kelancaran dalam upaya pemaksimuman perusahaan.

Jadi Managemen Keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, pengelolaan, penganggaran, pemeriksaan, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi/perusahaan.

Pengelolaan : Menggunakan uang perusahaan untuk memaximalkan dana yang ada dengan berbagai cara.

Penganggaran : Perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan.

Pemeriksaan : Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan.

Penyimpanan : penumpukan dalam bentuk aset atau dalam bentuk investasi.

Ada 6 Fungsi Managemen :


  1. Forecasting : Pengkhayalan (ide)

  2. Planning : Perencanaan

  3. Staffing : Pekerja (Menempatkan orang yang tepat di posisi yang tepat/ The right man in the right place)

  4. Actuating : Kegiatan yang dilakukan/kerja dan output yang dikeluarkan.

  5. Controlling : Mengontrol apakah sesuai apa yang diharapkan/dikehendaki atau tidak.

  6. Reporting : Laporan


Tujuan dari managemen adalah untuk menaikkan nilai suatu perusahaan.

No comments:
Write comments

Header AD

Labels